Posted by : Unknown Jan 29, 2014

Kompetensi atau Pekerjaan yang Dikerjakan
Sebelum memulai pekerjaan hal wajib yang sering dilakukan engineer setiap hari yaitu briefing untuk menentukan pekerjaan yang akan dilakukan pada hari tersebut.
Berikut adalah beberapa pekerjaan yang dilakukan staff dan trainee Engineering di Grand Candi hotel, yaitu :
1.         Maintanance
Maintance merupakan salah satu cara agar memperlancar kenyamanan dan kegiatan tamu di Grand Candi. Beberapa maintanance yang sering dilakukan yaitu :
a.    Maintanance Lampu
Melakukan perbaikan dan penggantian lampu – lampu hotel mulai dari area basement sampai lantai sepuluh. Kebanyakan lampu yang mati adalah lampu cabe 220 V 25 W warna kuning  di kamar hotel. Sedangkan diarea hotel kebanyakan diganti dengan lampu philiphs 220 V 13 W.
b.    Maintanance dinding dan Celling gibsum
Melakukan penambalan dan pengecatan pada dinding – dinding dan celling hotel yang retak dan berminyak mulai dari area hotel, lobby, dan kamar hotel.
c.    Maintenance plumbing
Memperbaiki saluran pipa yang mengalami kerusakan dan kebocoran. Plumbing ini meliputi pipa saluran pembuangan, pembersihan lemak main kichen dan saluran pendingin ruangan.
d.   Maintanence alat elektronik
Melakukan perbaikan pada alat – alat elektronik yang berada di hotel seperti TV kamar, TV lobby, kulkas dikamar, dll.
e.    Maintenence perabotan kayu
Maintanance ini dilakukan oleh karpenter terhadap perabotan hotel yang rusak seperti penggantian kaki – kaki kursi yang patah, penggantiak karpet panggung lobby, pengecetan meja dan kursi yang catnya sudah usam dan lain sebagainya.
f.     Maintanance motor dan pompa
Melakukan perbaikan dan penggantian motor dan pompa di area hotel seperti memperbaiki dan mengganti pompa air di genset, sumpit – sumpit, getstrep dan mengganti motor fan pada chiller di roof.
g.    Maintenance kunci kamar
Maintanance ini dikhususkan pada kunci kamar yang menggunakan kartu yang sudah diprogram sesuai program di LCU kamar. Perbaikan kunci kamar ini biasanya hanya penggantian baterai dan pemrograman ulang LCU dan kartu pengunci. Proses penggantian baterai ini cukup mudah hanya dengan membuka penutup hitam yang ada di bagian dalam pintu kaar hotel dengan kunci L, kemudian lepas baterai yang sudah lemah dayanya dengan baterai yang masih baru dan juga cleaning ving card dengan kartu cleaner.
2.         Pengecekan
Melakukan pengecekan pada peralatan dan mesin – mesin yang menjadi salah satu hal yang sangat penting, agar mengetahui kinerja benda – benda tersebut. Contohnya :
a.    Pengecekan beberapa titik KWH meter untuk beberapa area dan peralatan besar. Agar mengetahui besarnya daya yang dikeluarkan untuk beberapa satuan waktu. Misalnya srtiap hari. Pengecekan ini dilakukan setiao hari di beberapa KWH meter antara lain besarnya daya yang dikeluarkan untuk laundry, kichen, pool, dan hotel lainnya. Untuk trainee hanya melakukan pengecekan pada laundry dan chiller.
b.    Pengecekan dan pengoperasian area hotel. Yang meliputi pengecekan peralatan – peralatan yang ada di area seperti di area roof, pump room, genset, dan STP. Pengecekan ini dilakukan secara rutin setiap harinya di beberapa jam yang sudah di tentukan. Contohnya pengecekan tranfer pump yang dilakukan setiap pergantian shift oleh staff engineering.
c.    Pengecekan dan pengoperasian beberapa lampu di koridor lantai satu sampai sepuluh. Dan juga lampu hias di area pool. Pengoperasian lampu ini ditentukan nyala dan matinya sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku disana.
d.   Pengecekan dan pengoperasian air mancur ( fountain ). Pengoperasian fountain ini telah di atur secara otomatis dengan menggunakan timer untuk menyalakan pada jam 07.00 dan akan mati ketika jam 22.00.
3.         Variasi
Selama penulis melaksanakan praktik kerja industri di Grand Candi Hotel variasi yang dilakukan berupa :
a.       Mengganti fan chiller yang rusak dengan fan chiller yang telah di maintanence oleh staff engineering. Kerusakan yang biasanya terjadi seperti motor terbakar. Bila motor terbakar maka harus di ganti dengan fan chiller cadangan yang sudah di siapkan untuk menggantikan yang rusak. Untuk fans chiller yang rusak akan di repair dalam beberapa hari oleh orang luar.
b.      Agar AC di kamar – kamar bekerja maksimal maka sering dilakukan maintanance FCU ( Fan Coil Unit ) dalam jangka waktu tertentu. Untuk kipas dan penyaring ( filter ) biasanya hanya perlu di bersihkan dengan angin untuk menghilangkan debu yang menempel.
c.       Mengganti lampu – lampu koridor yang semulanya lampu halogen 12 V dengan lampu LED (Light Emitting Diode) 220 V.
d.      Pengecekan Vin Card di kamar – kamar, menggunakan alat khusus yang berbentuk kartu yang akan di semprot dengan spray khusus elektrik, setelah di semprot kartu tersebut dimasukan sebanyak 3 kali untuk membersihkan debu agar tidak menutupi sensor yang terdapat didalamnya.
4.         Perawatan
Melakukan perawatan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan tamu. Beberapa perawatan yang sering dilakukan engineering, yaitu :
a.         Perawatan mesin pump room meliputi penggantian tranfer pump pada waktu tertentu. Membersihkan WHT ( Water Hot Tank ) dan ruangan pump room.
b.        Perawatan panel – panel listrik. Perawatan mesin – mesin di roof, main kitchen, laundry, maupun di pump room, chiller, chiller water pump, upright chiller, walkining chiller, mesin seterika press, dan lain – lain.
c.          Perawatan pendingin ruangan yang ada di hotel yaitu FCU dan AHU,  perawatannya berupa pembersihan , pengecekan, dll yang dilakukan secara berkala atau terjadwal.
5.      Pompa Air
pompa air submersible (atau electric submersible pump (ESP)) adalah perangkat yang memiliki motor tertutup rapat dekat atau digabungkan dengan tubuh pompa. Seluruh komponen terendam dalam cairan/air yang akan dipompa. Keuntungan utama dari jenis pompa submersible adalah bahwa hal itu mencegah kavitasi pompa, masalah terkait dengan perbedaan elevasi tinggi antara pompa dan permukaan cairan. Pompa submersible mendorong cairan ke permukaan sebagai lawan jetpump harus menarik cairan. Submersibles lebih efisien daripada jetpump. ( Read More )
6.       AC Sentral Ruangan 
             Sistem AC Sentral (Central) merupakan suatu sistem AC dimana proses pendinginan udara terpusat pada satu lokasi yang kemudian didistribusikan/dialirkan ke semua arah atau lokasi (satu Outdoor dengan beberapa indoor). ( Read More )

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Otomasi Industri - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -