Posted by : Unknown Feb 6, 2014

Grand Candi Semarang adalah hotel pertama di Semarang yang memperoleh predikat bintang lima pertama kali. Hotel Grand Candi berlokasi di Jalan Sisingamangaraja No. 16, Kelurahan Kaliwiru, Kecamatan Candi Baru Semarang. Hotel yang berdiri di atas tanah seluas 7.833 dan memiliki luas bangunan 13.683 . Selain itu lokasi Grand Candi Hotel di dataran dengan ketinggian 97,5 di atas permukaan laut.

Awalnya hotel ini menggunakan nama Holiday Inn yang terkenal sebagai jaringan hotel internasional di dunia pada tahun 1997 di bawah kepemilian PT Niagatama Arsaya. Holiday Inn mulai mengoperasikan usahanya sebagai hotel berbintang empat di bawah pimpinan Daniel Arbenz, didukung dominasi pimpinan departemen berkewarganegaraan asing serta segenap karyawan.
Dikarenakan adanya krisis moneter serta kondisi sosial politik yang tidak menentu mengakibatkan kesulitan pada Holiday Inn semarang yang akhirnya membuat PT Niagatama Arsaraya mengambil keputusan untuk tidak memperkerjakan tenaga asing atau setidaknya mengurangi jumlah tenaga kerja asing di Holiday Inn.
Hotel ini secara resmi terpisah dari Holiday Inn pada tanggal 26 september 1998 yang sekarang berubah menjadi Grand Candi Hotel. Ada waktu itu Bapak Lukman Setiawan bertindak sebagai General Manager dan Departemen Head sudah sepenuhnya di pegang oleh karyawan bekewarganegaraan Indonesia.
Sistem manajemen yang digunakan merupakan adaptasi dari standar Holiday Inn. Perbaikan kualitas pelayanan dan fasilitas hotel membuat hotel Grand Candi memperoleh predikat sebagai berbintang lima sejak tanggal 10 April 2000.
5
Hotel Grand Candi memiliki sepuluh lantai dan satu lantai basement. Hotel ini memiliki 198 kamar dengan bermacam fasilitas yang cukup untuk menarik para tamu untuk menginap, antara lain seperti AC, IDD, mini bar dan sattelite TV programs dengan jumlah channel sebanyak 57 program TV yang beragam. Jumlah hunian kamar bervariasi, dari 60%~90%. Padas saat tertentu jumlah hunian dapat mencapai 100%. Adapula fasilitas lainnya seperti paket pertemuan, paket pernikahan, dan paket ulangtahun.
Outlet yang tersedia di Hotel Grand Candi Semarang antara lain Kafe Flamboyan, Xiang Yuen Chinese Restaurant, The Bakery, Pool Bar. Fasilitas lain yang menjadi salah satu daya tarik dan mendukung kenyamanan tamu yaitu sauna, traditional health spa, kolam renang dan lapangan tennis.




A.   Fasilitas
1.         Akomodasi
a) Bangunan yang memiliki 10 lantai dengan 198 kamar yang di tata dengan sempurna dan pemandangan yang menarik. Kamar-kamar terbagi menjadi beberapa kelas seperti berikut :
1)        Grand Deluxe Room yang berjumlah 26 kamar .
2)        Junior Suite Room yang berjumlah 3 kamar.
3)        Executive Suite Room yang berjumlah 18 kamar.
4)        Royal Suite Room yang berjumlah 1 kamar.
5)        President Suite Room yang berjumlah 1 kamar.
6)        Executive Club Room yang berjumlah 4 kamar.
7)        Deluxe Room yang berjumlah 145 kamar.
b)        Pengatur suhu ruangan individual.
c)        Room Service 24 jam.
d)       Terdapat lantai bebas rokok.
e)        Kamar khusus bagi penyandang cacat tubuh.
f)         Seluruh kamar dilengkapi dengan :
1)      Ruang Kontemporer modern.
2)      AC.
3)      SLI.
4)      Program TV nasional dan Internasional.
5)      Pengering Rambut.
6)      Mini Bar.
2.         Pelayanan
a.         Layanan valet dan sarana parkir yang memadai.
b.        Busines Center  lengkap dengan akses langsung ke internet.
c.         Jasa Secretarial dan penterjemah bahasa asing, pelayanan binatu dan cuci kering.
d.        Sarana transportasi dari atau menuju bandara maupun stasiun kereta api.
e.         Dokter jaga dan perawat kesehatan 24 jam.
f.         Toko cindera mata.
g.        Menerima valas dan kartu kredit terkemuka.

3.         Ruang Olahraga dan Rekreasi
a.         Pusat olahraga berstandar international yang dilengkapi engan peralatan kesehatan jantung, kelas aerobic, sauna dan spa tradisional.
b.        Lapangan tennis yang dilengkapi fasilitas penerangan untuk malam hari.
c.         Terdapat dua buah kolam renang antara lain kolam renang dewasa, dan kolam renang anak – anak. Fasilitas ini sangat diminati karena terdapat bar, dan juga nuansa tanaman tumbuhan tropis yang tertata rapi.


4.      Santapan
a.       Kafe Flamboyan salah satu di Grand Candi yang menyediakan hidangan Asia dan Eropa.
b.      Xiang Yen Chinese Restaurant, restoran cina dengan kualitas tinggi yang menyajikan makanan tradisional china yang terbaik
c.       Lobby, bar dan tempat bersantai yang menyediakan makanan ringan dan minuman dengan hiburan musik berkualitas
d.      Toko roti dan kue – kue kering yang terletak di lobby dan bersebelahan dengan Kafe Flamboyan.
5.         Fasilitas ruang rapat dan jamuan
a.         Ballroom ruangan yang berkapasitas mencapai 600 orang untuk jamuan maupun rapat. Ballroom dapat di bagi menjadi tiga ruangan yang masing – masing berkapasitas 120 orang. Ruangan di depan ballroom dapat digunakan sebagai pendukung untuk acara -  acara tertentu seperti seminar, pameran, rapat, maupun resepsi pernikahan.


b.             Ada pula ruangan rapat dengan kapasitas 6 sampai 30 orang, antara lain Nakula I, nakula II, dan juga sadewa.
c.            Fasilitas Rapat
1)   Peralatan audio visual, televisi multi – sistem , video, OHP, slide proyektor, laser disc, compact dise.
2)   Peralatan audio sistem lengkap dengan kikrofon genggam. Klip on maupun tanpa kabel.
3)   Menyediakan paket rapat yang dapat dirancang khusus sesuai permintaaan.

B.   Visi Dan Misi
1.         Visi
Hotel Grand Candi yang merupakan hotel bintang lima pertama di kota Semarang ingin dikenal secara meluas sebagai pimpinan dan panutan di antara semua hotel di Semarang.

2.         Misi
Hotel Grand Candi memberikan kepada tamu suasana hotel bisnis bertaraf internasional yang unik dengan sentuhan wisata, didukung oleh karyawan yang memiliki motivasi, konsisten dan professional, berorientasi pada keuntungan serta memiliki komitmen terhadap 100% kepuasan tamu, demi kepentingan tamu, karyawan, dan perusahaan.

C.   Fungsi – Fungsi Departemen
1.         Human Resources Department
Bertugas menjalankan fungsi – fungsi personalia seperti penerimaan karyawan, trainee dan pemeliharaan karyawan demi tercapainya tujuan perusahaan.

2.         Front Office Department
Bertugas melakukan penjualan kamar, melayani tamu pada saat kedatangan ( Check in ) termasuk memberikan informasi tentang fasilitas – fasilitas yang dimiliki hotel.

3.         Food and Beverage Service Department
Bertugas melayani serta menyajikan makanan dan minuman kepada tamu.
4.         Food and Beverage Product Department           
Bertugas melakukan pengolahan dan memproduksi makanan dan minuman.

5.         Finance Department
Bertugas  melakukan perhitungan pendapat dan pengeluaran biaya hotel, mengontrol sistem keungan hotel termasuk pengendalian biaya serta pembagian upah sesuai ketentuan yang berlaku.

6.         Sales dan marketing department
Bertugas memasarkan produk – produk hotel, termasuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai program – program yang diadakan hotel.

7.         Housekeeping Department
Bertugas melakukan pemeliharaan dan perawatan kamar dan area hotel.

8.         Engineering Department
Bertugas melakukan maintenen dan perbaikan segala peralatan elektrik, mekanik, kichen dan laundry serta peralatan lain yang berada di bawah tanggung jawab departemen ini.

9.         Purchasing
Bertugas mencarikan bahan – bahan atau barang – barang untuk keperluan hotel guna memuaskan pelanggan yang datang di Grand Candi Hotel. 

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. hallo, apa boleh tau, suber sejarah grand candi dari mana ya kak ?, mohon bantuannya untuk membuat skripsi

    ReplyDelete

- Copyright © 2013 Otomasi Industri - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -